Meningkatkan Security Privacy Email

Pada posting pertama ini saya mencoba share tips keamanan pada email, agar email kita tidak mudah dibobol oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.. haha.. Langsung saja yah.... :D
  1. Password
  2. Hal yang paling utama adalah mendesain kata sandi atau password kita serumit mungkin akan tetapi mudah diingat, selain nama username email, password juga memegang peranan penting untuk login pada email kita. rekomendasi saya adalah membuat minimal 10 digit dengan kombinasi angka dan huruf. untuk tips lengkap membuat password dapat anda baca di artikel ini
  3. Profil
  4. Pengaturan profil perlu dilakukan, usahakan mengisi profil seperlunya saja dan usahakan tidak mengisi profil anda yang berhubungan dengan password yang anda buat, atau informasi rahasia. karena kemungkinan hal itu bisa dijadikan bahan analisis para hacker untuk membobol email kita. Pengaturan tampilan dubuat dengan baik dan disesuaikan siapa saja yang bisa melihat profil lengkap kita.
  5. Pertanyaan Rahasia
  6. Seperti biasa pada saat kita membuat email baru, kita akan diminta untuk membuat pertanyaan rahasia. pertanyaan tersebut bisa kita pilih dan jawabannya harus kita ingat. tentu saja dengan pertannyaan ini tidak boleh sembarangan orang yang tahu. sebisa mungkin cukup anda yang membuat email yang mengetahuinya. fungsi pertanyaan rahisia tersebuat adalah pada saat kita lupa dengan password kita. kita akan ditanya lagi dengan pertannyaan yang telah kita buat pada saat kita lupa pada password email kita. saran saia agar pertanyaan rahasia beserta jawabannya harus diingat dan tidak dipublikasikan.
  7. Alternatif Email
  8. Apakah anda telah mengetahui fungsi dari email alternatif ?, ya.. fungsi email alternatif ini dapat masuk ke akun anda, memulihkan sandi, dll. satu email alternatif hanya dapat dikaitkan dengan satu akun. terkadang, orang yang berbagi item dengan alamat email alternatif anda akan dapat meliahat alamat email utama anda. sebisa mungkin email alternatif ini adalah email milik anda atau anda juga bisa menggunakan alamat email sahabat terpercaya anda untuk dijadikan email alternatif anda.
  9. Mobile phone number verification
  10. verifikasi ini digunakan sebagai tameng hak akses akun email kita. verifikasi ini bekerja untuk memastikan bahwa yang akan login pada email kita adalah kita sendiri(Pemilik email). cara mengaktifkan verifikasi ini dengang menggunakan nomer HaPe kita. kita diminta untuk memasukan nomer HaPe kita pada sistem, kemudian pada sistem untuk menyelesaikan proses verifikasi, Contoh real pada Gmail dan Yahoo.
inilah beberapa tips yang saia dapatkan dari artikel yang saia baca. Sumber : Meningkatkan Security Privacy Email

Komentar